TENTANG TEACHING FACTORY

          Teaching Factory adalah model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri. Pengelolaan Teaching Factory merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan belajar mengajar di SMK dalam rangka pencapaian kompetensi berdasarkan kurikulum. Adapun maksud model pembelajaran Teaching Factory adalah untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran melalui kegiatan memproduksi barang dan/jasa yang pelaksanaannya merupakan bagian integral dari proses pembelajaran di SMK dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Peserta Didik dan Pendidik.

          Kegiatan ini mencakup Produksi (barang/jasa) yang dibutuhkan oleh masyarakat, sepenuhnya dikerjakan oleh peserta didik, dilaksanakan dalam ruang praktik/bengkel/lahan yang telah dikondisikan mendekati situasi dan suasana tempat kerja yang sebenarnya: (waktu, prosedur, dan cara/aturan sesuai standar DUDI).

Tujuan model pembelajaran Teaching Factory, antara Lain

  1. Menciptakan sinergi dan integrasi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran muatan Nasional, Kewilayahan, dan Kejuruan untuk menunjang penguasaan kompetensi lulusan;
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengantaran soft skills dan hard skills kepada peserta didik;
  3. Meningkatkan kolaborasi dengan DU/DI melalui penyelarasan kurikulum, penyediaan instruktur, alih pengetahuan/teknologi, internalisasi standar dan budaya kerja DU/DI;
  4. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui interaksi dengan DU/DI;
  5. Mendorong lahirnya perubahan paradigma pembelajaran dan budaya kerja di SMK.

 

          SMK Giripuro Sumpiuh merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki potensi cukup besar dalam pengembangan model pembelajaran Teaching Factory. SMK Giripuro Sumpiuh Memiliki 4 Kompetensi Keahlian di bidang Teknologi dan Rekayasa, yaitu :

  1. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
  2. Teknik Permesinan (TP)
  3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
  4. Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)

          Jumlah seluruh siswa aktif SMK Giripuro Sumpiuh pada tahun ajaran 2018/219, mencapai 1285 siswa yang terbagi di 4 Kompetensi Keahlian, serta Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang dimiliki oleh SMK Giripuro Sumpiuh mencapai 78 Orang terdiri dari 53 tenaga pendidik (Guru) dan 25 Tenaga Kependidikan (Karyawan/Staf Administrasi).